Mungkin Sebuah Nada

akan ada waktu ketika aku
tak lagi dapat menemukanmu
ke segenap arah aku mencarimu
hingga pada sebuah lagu

akan ada waktu ketika aku
tak kunjung mampu menjumpaimu
meski dalam sebuah lagu
not-not gagu
meski untuk melagu namamu

tapi sebuah nada terdengar tiba-tiba
dari semenanjung yang entah
dari arah yang lelah

aku menemukanmu dalam sebuah nada
giris biola, lengking harmonika
tapi aku tak tahu siapa yang memainkannya

tapi aku tahu kau yang tiba

“aku akan datang kepadamu sebagai nada yang tak kauduga”

suatu ketika kau berkata
saat itu aku pun tak percaya

tapi malam-malam
diam-diam kau memang kerap tiba
tanpa kuduga

kenangan mungkin sebuah nada
giris biola, lengking harmonika
yang di ujung malam datang tiba-tiba, terdengar tiba-tiba
yang sampai pagi akan selalu kutanya-tanya:

siapa yang memainkannya

DALAM SAJAKKU

dalam sajakku
akan kau temukan burung-burung beterbangan
juga ufuk yang kemerahan
pohon-pohon yang pasrah dirayu angin
serta desember yang basah dan dingin

akan kau temukan sisa hujan
menetes dari helai-helai daunan
mengaliri bongkahan hatimu perlahan

dalam sajakku
akan kau temukan suara jangkrik dan
denyar cahaya kunang-kunang di kejauhan
juga bulan yang tiba-tiba mencelupkan dirinya ke dasar kolam

akan kau temukan sebuah kursi goyang yang sendirian
televisi yang belum sempat dimatikan
dan sebuah buku lama
yang masih terbuka halaman-halamannya

dalam sajakku
akan kau temukan sebuah bangsa
dengan gedung-gedung yang porak-poranda
dan seorang bocah kecil yang menangis
di sisi jenazah orang tuanya

namun dalam sajakku
tak akan pernah kau temukan aku
sebab aku hanya ada

dalam dirimu, dalam diammu

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

