Peneliti Ubah Semen Jadi Logam

LEMONT — Peneliti material lintas negara menemukan cara mengubah semen menjadi logam. Bahan ini digunakan sebagai kaca televisi layar datar. Bahan baku yang dipakai adalah semen aluminium yang tersusun atas kalsium dan aluminium oksida.

Bahan tersebut dipanggang pada suhu 2.000 derajat Celsius hingga meleleh. Agar tak bersentuhan dengan wadah, bahan dibuat melayang dengan bantuan tiupan angin dari bawah.

Lelehen semen didinginkan agar menjadi kristal. Bahan baru ini ternyata bersifat seperti kaca. Elektron yang terdapat di dalam bahan ini bisa berpindah cepat. “Ini sifat yang sama seperti logam,” ujar fisikawan dari Laboratorium Nasional Argonne Departemen Energi Amerika Serikat, Chris Benmore.

Pembuatan logam dari semen dilakukan pada berbagai kondisi udara. Ikatan oksigen sangat mempengaruhi kualitas kristal yang dihasilkan, dan peneliti mencari komposisi udara terbaik untuk menghasilkan bahan yang diinginkan.

Logam yang dihasilkan merupakan teknologi masa depan yang bisa diaplikasikan pada berbagai teknologi. Tim peneliti memanfaatkan bahan ini untuk resistor film tipis yang dipakai pada panel komputer layar datar.

Karat, yang selama ini menjadi musuh logam, dipastikan tak akan ditemukan pada bahan baru ini. Sedangkan tingkat kekerasan bahannya lebih tinggi dibanding kristal kebanyakan. Bahan ini juga tak terpengaruh medan magnet sehingga elektron tak kehabisan energi saat berlari di dalamnya.

Logam baru juga mudah dibentuk seperti sifat semen. Penemuan bahan unggul dilakukan tim peneliti dari Jepang, Finlandia, Jerman, dan Amerika Serikat. Hasilnya dituangkan dalam jurnal ilmiah “Proceedings of the National Academy of Sciences”, yang terbit 27 Mei 2012.ANTON WILLIAM | PHYSORG

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s