Darah Indonesia di Tubuh Heitinga

Pemain 29 tahun itu bahkan sempat menunjukkan kemahirannya berbahasa Indonesia lewat akun Twitter miliknya (@Johnheitinga), sejak 22 Mei lalu. Hingga kini ia telah mengeluarkan tak kurang dari tujuh kicauan dalam bahasa Indonesia.

“Perjalanan dengan tim nasional Belanda ke #Indonesia adalah satu khusus bagi saya,” demikian kicauan pertamanya. Lalu ia menyambung, “Ini adalah pertama kalinya saya mengunjungi negara mana kakek dan ayah saya dilahirkan.”

Pada 27 Mei, setelah akun Twitternya banyak di-retweet, Heitinga kembali berkicau, “Terima kasih untuk semua tanggapan hangat dari #Indonesia! Melihat Anda di sana!” Sedangkan pada 29 Mei, ia kembali bercuit, “Aku baru pulang dari kamp pelatihan tiga hari dengan #Oranje. Hampir siap untuk perjalanan ke #Indonesia.”

Dalam wawancara yang dikutip ELF Voetbal, Heitinga menyatakan sering mendengar cerita dari kakeknya soal Indonesia. “Bermain di Jakarta akan sangat indah dan saya banyak mendengar tentang Indonesia dari kakek saya,” kata pemain yang dikabarkan segera hengkang dari Everton itu.

Kakek Heitinga, Gijsbert Johannes Heitinga, berasal dari Pulau Belitung. Rob, ayah Heitinga, lahir di Jakarta. Keluarga besar Heitinga hijrah ke Belanda pada akhir 1950-an. “Orang tua saya bercerai sehingga saya hidup dengan kakek saya, dan kami memilih makan nasi ketimbang kentang,” ujarnya.

Menurut Heitinga, kakeknya baru saja mengunjungi Indonesia dua tahun lalu. “Mendengar cerita dari kakek saya, Indonesia adalah surga, terutama cuacanya,” katanya. “Ini akan jadi perjalanan spesial bagi saya. Kami mungkin tak menghadapi tim terbaik di dunia, tapi saya yakin sambutan yang kami terima akan luar biasa.”

Selain Heitinga, Robin van Persie disebut-sebut memiliki darah Indonesia, yang mengalir dari neneknya yang lahir di Surabaya. Namun sejauh ini Van Persie belum pernah membenarkan atau membantah cerita yang sudah banyak beredar di Internet itu. BERBAGAI SUMBER | NURDIN

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment