Partai Wajib Alokasikan Dana Pendidikan Politik

Dia menjelaskan, bentuk pendidikan politik yang dilakukan partai, antara lain, partai bisa mengadakan seminar, lokakarya, atau kegiatan kaderisasi yang tujuannya untuk pendalaman Pancasila, Undang-Undang Dasar, serta wawasan kebinekaan dan kenegaraan.

Demi menjamin dana bantuan negara ini digunakan secara benar, partai diwajibkan menyertakan surat pernyataan yang diteken pemimpin partai. Isinya, persetujuan untuk bisa dituntut jika terbukti partai politik tidak mengalokasikan dananya untuk pendidikan. “Semua itu tercantum di peraturan menteri yang ditujukan untuk para ketua umum partai,” ujar Restuardy. Selain itu, dia melanjutkan, laporan keuangan partai nantinya harus diaudit Badan Pemeriksa Keuangan. “Jika realisasinya tidak sesuai dengan hasil audit, mereka akan dituntut dan diberi sanksi.”

Kalangan partai politik menilai, besaran dana bantuan dari Anggaran Negara lebih kecil ketimbang anggaran untuk program pendidikan politik. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristianto, misalnya, mengatakan partainya setiap tahun menerima Rp 1,5 miliar. Namun dana sebesar itu tak cukup untuk program kaderisasi internal dan pendidikan politik masyarakat yang dijalankan partai.

Walhasil, PDI Perjuangan mengeluarkan kebijakan bahwa setiap tingkatan dalam struktur partai berkewajiban membuat program pendidikan politik untuk masyarakat.

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menganggap peraturan ini sejalan dengan semangat dan fungsi partai politik. Setiap partai yang menerima dana ini, kata dia, mau tak mau memang harus siap diaudit. “Tapi itu bukanlah ancaman. Partai harus sadar soal ini,” ujar dia. PRAGA UTAMA

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s