Kota Maya Kuno Ditemukan di Hutan Meksiko

Tim peneliti yang dipimpin oleh Ivan Sprajc, peneliti dari Akademi Seni dan Pengetahuan Slovenia, ini menemukan 15 piramida, lapangan bola, plaza, dan struktur yang berkarakteristik peradaban Maya. Kota ini dijuluki “Chactun”, yang berarti “batu merah” atau “batu besar”. Dengan mempelajari puing tersebut, mereka berharap bisa mengungkap informasi mengapa peradaban kuno itu runtuh satu milenium lampau.

Sprajc memperkirakan kota itu berpenduduk lebih sedikit dibanding Tikal, kota kuno Maya di Guatemala, dengan populasi sekitar 30 ribu atau 40 ribu orang. Namun perkiraan ini harus diteliti lebih lanjut untuk memastikan angkanya. Chactun sendiri diperkirakan memiliki masa kejayaan selama periode klasik peradaban Maya antara 600 dan 900 Masehi.

Kota itu pertama kali terungkap saat Sprajc melihat foto cagar alam dari udara, 15 tahun lalu. Tim ilmuwan itu menyusuri hutan sejauh 10 mil dalam enam pekan untuk sampai ke kota tersebut.

Sprajc mengatakan situs seluas 22 hektare dan terletak 75 kilometer sebelah barat Chetumal ini adalah salah satu situs yang terbesar yang ditemukan di dataran rendah Yucatan. Permukiman terdekat ke reruntuhan kota kecil Xpujil terletak sekitar 16 mil jauhnya. “Seluruh situs ditutupi oleh hutan,” katanya, Jumat lalu.

Ia juga menemukan bukti bahwa orang lain telah lebih dulu menemukan situs ini sekitar 20-30 tahun lalu. “Penebang kayu dan penyadap karet jelas pernah ke sana, karena kami melihat sayatan pada pohon,” ujar Sprajc. “Namun mereka tidak pernah memberi tahu siapa pun.”

Menurut Sprajc, adanya beberapa lapangan bola mengindikasikan bahwa Chactun adalah kota penting. Ada kemungkinan kota itu ditinggalkan pada 1.000 Masehi karena adanya tekanan demografis, perubahan iklim, peperangan, dan pemberontakan.ROSALINA | REUTERS

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s