Gelombang Jemari Pemanis Rambut

SPREISHOP – Kelihatannya sepele, hanya susupkan jari, semprot dengan hairspray, dan jadi. “Tapi justru banyak yang gagal,” kata Iwan. Bersama sekitar 50 penata rambut lain, dia tengah belajar membuat gelombang kecil-kecil di rambut manekin. Kesalahan biasanya terjadi saat membuat satu gelombang ke gelombang lain. Entah jaraknya terlalu lebar atau lingkaran terlalu besar, sehingga tak seukuran jari lagi.

Gelombang Jemari Pemanis Rambut

Tren finger wave melanda dunia setelah film The Great Gatsby diputar pada awal 2013. Film yang diangkat dari novel laris F. Scott Fitzgerald itu mengambil cerita era 1920-1930. Bintang perempuan utamanya, Carey Hannah Mulligan, tampil dengan tatanan rambut berombak kecil tapi rapi dan menempel ke jidatnya. Begitu pula pelakon wanita lain, dengan tatanan rambut bergelombang dan tambahan aksesori di kepala, terlihat wira-wiri sepanjang film diputar.

“Tahun ini finger wave kembali naik daun,” ujar Qiqi Franky, Ketua Penata Rambut Jakarta Fashion Week. Banyak wanita ingin pergi ke pesta dengan gaya kelimis nan rapi ala dua tokoh The Great Gatsby, Daisy Buchanan atau Myrtle Wilson. Di luar acara keriaan, Qiqi menyarankan berpikir ulang menggunakan tatanan rambut itu. Soalnya, mayoritas adegan dalam The Great Gatsby adalah suasana pesta. “Keterlaluan kalau dipakai di luar itu,” kata dia.

Mereka yang ingin berpesta dengan dandanan rambut itu setidaknya harus menyiapkan jepit aluminium, alat pengeriting rambut, hairspray, dan sisir sasak. “Awalnya rambut di-blow biar ngembang dan bisa dibentuk,” kata Qiqi. Setelah itu bisa dipilih tipe finger wave yang disukai. “Mau yang basah atau kering,” ujarnya. Finger wave basah melahirkan gaya rambut kelimis, datar, dan menempel ke kepala. Adapun yang kering, rambut tetap bervolume tapi permukaannya berupa ombak kecil.

Kalau mau kelimis, tinggal diberi hairspray non-aerosol. “Agar ada efek tahan lama, lebih mengkilat serta keras,” Qiqi menjelaskan. Selain itu prinsipnya sama saja, rambut hasil blow dibentuk dengan jari. Beri jarak 6 hingga 7 sentimeter, baru dimulai lagi gelombang baru. Tambahkan jepitan aluminium untuk mempertahankan bentuk sebelum diberi hairspray. Terakhir tentu sentuhan hairspray untuk menjaga bentuk rambut agar tahan lama.

Cara memulai pembentukan gelombang, menurut Iwan, lebih bagus dari belahan pinggir. “Kalau belah tengah tidak enak dilihat,” ujarnya. Ia juga mengingatkan agar memperhatikan ukuran kening. Pemilik kening lebar sebaiknya memulai gelombang agak turun untuk menutupi dahi yang lebar. Selanjutnya sisa gelombang dibuat menurut keinginan pemilik rambut. Bisa sebatas bawah telinga atau sampai ujung rambut. “Untuk mempermanis, bisa ditambah aksesori,” kata Qiqi. Hiasan rambut yang biasa digunakan adalah tiara, bulu burung, korsase, atau ikat kepala.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s